Kepuasan

Cara untuk mencapai kehidupan yang memuaskan

 

Apakah kamu salah satu dari manusia yang pernah berpikir, adakah kehidupan yang benar-benar memuaskan? Kamu sering berandai-andai, kalau saja aku bisa mendapatkan apapun atau siapapun yang aku inginkan maka kehidupan ini akan benar-benar memuaskan. Apakah benar demikian?

Irama Kehidupan di Alam Semesta

Sama seperti saat sebuah lagu dinyanyikan sesuai dengan iramanya, akan menjadikan lagu tersebut enak didengar. Setiap kehidupan di alam semesta ini juga mempunyai Irama. Agar tercipta kehidupan yang damai, bahagia, diberkati. Menurut Alkitab namanya adalah Irama Kasih Karunia (Mat 11:28-30 Versi The Message).

Sekilas tentang The Message

The_Message-coverApa tujuan dari penulisan The Message? Jawaban terbaik, kita dapatkan dari penterjemahnya langsung, yaitu Eugene H. Peterson : ‘Saat Eugene Peterson mengajar di Kelasnya di Galatia, dia merasa bahwa orang dewasa dalam kelasnya tidak merasakan semangat dan keterusterangan yang dirasakannya saat dia mempelajari Perjanjian Baru dalam bahasa aslinya, Yunani. Menuliskan langsung dari tulisan aslinya, Eugene mencoba untuk menterjemahkan The Message sesuai dengan irama dan ungkapan dalam bahasa aslinya agar menjadi sesuai dengan bahasa inggris. Eugene menyadari pembaca mula-mula Perjanjian Baru terpesona dan terpengaruh oleh tulisan ini dan Eugene rindu agar semua jemaat mengalami dampak yang sama. Eugene berharap bisa membawakan perjanjian baru menjadi hidup, untuk dua tipe orang : Orang yang tidak pernah membaca alkitab karena menganggap terlalu sulit dan tidak relevan, dan Orang yang terlalu sering membaca Alkitab hingga menjadi kuno dan kaku’.

Lebih jelasnya tujuan Alkitab Versi ‘The Message’ adalah untuk mengajak masyarakat membaca Alkitab, dan membantu mereka memahami apa yang mereka baca. The Message sendiri lebih ditujukan pada ‘pembacaan Alkitab’ dari pada mempelajari Alkitab. Penomoran dalam ayat alkitab yang tidak ada dalam dokumen asli, sengaja tidak dimasukan untuk memudahkan pembaca dalam membaca alkitab. Buku-buku asli dalam Alkitab tidak ditulis dalam bahasa resmi. Nah, The Message ini mencoba untuk memberikan terjemahkan Alkitab dalam kata-kata yang biasa kita gunakan saat ini.

Di quote dari sini.

 

Rahasia Alam Semesta

alam_semesta

Untuk bisa berjalan seirama dengan irama kehidupan di alam semesta ini, yaitu Irama Kasih Karunia. Kita akan mempelajari rahasia dari alam semesta. Kenapa alam semesta ini di ciptakan, siapa yang menciptakan alam semesta, bagamana alam semesta ini mempunya suatu irama yang khusus, dan cara agar kita bisa berjalan seirama dengan Irama Kasih Karunia.

Kolose 1:15-16 Menjelaskan bahwa Yesus adalah gambaran Allah yang tidak kelihatan, yang sulung dari segala ciptaan (ay 15). Jadi saat kamu penasaran seperti apakah Tuhan itu? Apakah Allah itu jahat atau baik? Lihatlah Yesus. Apa yang Yesus kerjakan, apa yang Yesus katakan adalah gambaran dari Allah yang tidak kelihatan. Bagaimana berhasratnya Yesus untuk menyembuhkan semua orang, menyelamatkan yang terhilang, melepaskan segala belenggu. Adalah sejalan dengan hasrat Tuhan untuk umat manusia. Tuhan rindu kita menjadi waras, sehat, kuat, berkemenangan, berkelimpahan, bersemangat, penuh dengan energi.

Segala sesuatu didunia ini diciptakan oleh Yesus dan untuk Yesus (ay 16). Jadi jelas, dunia ini diciptakan bukan untuk aku ataupun kamu, tapi untuk Yesus. Jika kita mengerti akan hal itu, kita tidak akan terjebak untuk fokus pada diri sendiri (dengan segala kekurangan dan kelebihannya). Fokus kita hanya pada Yesus. Karena Dia lah irama dalam kehidupan ini.

Tahukah kamu bahwa setiap sel dalam tubuhmu dibuat oleh Yesus. Yesus sudah mengenalmu bahkan semenjak kamu masih didalam rahim ibumu. Dan Yesus juga yang membuat kamu terlahir didunia ini. Dan Yesus juga yang sudah menyiapkan masa depan yang cerah dan penuh harapan untukmu. Kamu bukanlah kesalahan, kamu ada untuk suatu tujuan, dan semakin kamu mendekat pada Yesus, kamu akan semakin mengerti cintaNya untukmu.

Sudah pernah ada orang yang memiliki segalanya

Didalam Alkitab ada tertulis manusia yang bisa memiliki apa saja dan siapa saja yang dia mau. Namanya adalah Salomo (Nabi Sulaiman). Dia adalah anak dari Nabi Daud, yang terpilih untuk meneruskan tahta kerajaan Daud. Salomo adalah raja yang bijaksana. Cerita seru bagaimana Salomo bisa jadi raja bisa dibaca di 1 Raja-raja 1.

Kehidupan Salomo

 

Saat Salomo remaja, Tuhan datang dalam mimpinya dan bertanya pada Salomo, ‘Mintalah apa saja dan Aku akan memberikannya’. Salomo tidak meminta kekayaan, kehormatan, kemuliaan, pasukan yang kuat, wanita yang cantik. Namun salomo meminta Hikmat dan Kebijaksanaan untuk membedakan mana yang baik dan yang jahat. Dan Tuhan senang dengan permintaan Salomo. Maka Tuhan memberikan apa yang salomo minta, yaitu hikmat dan kebijaksanaan dan menambahkan dengan kekayaan dan kemuliaan, hingga tidak ada orang yang bisa melebihi kekayaan yang dimiliki oleh Salomo (1 Raj 3:5-13).

 

Dengan hikmat dari Tuhan Salomo menuliskan kitab Amsal. Ditulis untuk orang-orang yang ingin mempelajari dan mendapatkan kebijaksanaan. Dan karena hubungan yang dekat dengan Tuhan, Salomo juga menuliskan kitab Kidung Agung, yang sangat romantis. Menggambarkan cintanya Tuhan Yesus pada manusia yang penuh dosa.

Hati-hati dalam memilih pasangan hidup. Jangan sampai membawa kita menjauh dari Tuhan.

Dalam hidupnya Salomo memiliki 700 orang istri dan 300 orang selir (klo cuma 4 orang istri lewat lah ya, lol). Dan Istri-istrinya ini tidak semuanya menyembah Tuhan yang hidup. Ada diantara mereka yang menyembah berhala, dan membuat Salomo berpaling dari Tuhan. Baca sendiri ya ceritanya di sini.

Dengan hikmat Tuhan yang masih ada, namun sudah terkontaminasi. Salomo menulis buku Pengkhotbah. Dibuka dengan tulisan ‘semuanya adalah kesia-siaan’. Karena saat dia menulis Pengkhotbah, Salomo sudah menjauh dari Tuhan. Maka dari itu dia merasakan kekosangan dalam dirinya. Tanpa Tuhan semua yang dia lakukan adalah kesia-siaan.

Di dalam Pengkhotbah 2. Salomo menuliskan berkat Tuhan dalam hidupnya.

Salomo minum anggur dan bersenang-senang (Pkh 2:3).

Salomo membuat kebun yang indah dan rumah-rumah yang bagus untuknya (Pkh 2:4).

Dia memiliki kebun buah dan sistem irigasi yang bagus untuk mengairinya (Pkh 2:5-6).

Ada banyak asisten dan hewan ternak (Pkh 2:7).

Berkelimpahan emas, perak, kekayaan, penyanyi, dan wanita (Pkh 2:8).

Dia lihat apa yang dia mau, bersenang-senang selalu (Pkh 2:10).

Setelah kamu memiliki semuanya, apakah kehidupanmu bahagia?

Saat aku menanyakan pada anak-anak Mighty di Sunday School (karena tulisan ini memang aku siapkan untuk mereka).

Apakah hidupmu bahagia?

Berikut jawaban anak-anak Mighty : Ya menyenangkan , ok, biasa aja, membosankan. Tapi tidak ada yang bilang aku membenci hidupku.

 

Nah, beda nih sama Salomo. Jika kamu pikir setelah Salomo mendapatkan apapun dan siapapun yang dia mau, dia akan bilang. ‘Ya, aku memiliki kehidupan yang benar-benar memuaskan’. Kamu salah. Setelah Salomo menjauh dari Tuhan, walaupun dia memiliki semuanya tetap saja dia membenci hidup dan menganggap semua yang dia miliki adalah kesia-siaan (Pkh 2:17).

Tuhan punya rencana yang indah dalam hidupmu

Lalu setelah semuanya ini, apakah salah jika kita mengejar mimpi, mewujudkan keinginan kita? Tentu saja tidak. Tuhan rindu untuk membuat hidupmu berkelimpahan (Yoh 10:10), pernikahanmu penuh cinta (Ams 5:18), hubungan dengan teman kerja dan sahabat menjadi lebih baik (Kol 1:20). Kuncinya adalah menyatu dengan Kristus. Karena Kristuslah yang membuat segala sesuatu berada ditempatnya (Kol 1:17 BIS). Saat hidupmu teratur kamu akan menjalaninya dengan mudah. Dan hanya Dia yang bisa memuaskanmu (Mzm 107:9).

Related Post

Buang Kekhawatiran dengan Meditasi Mazmur 23 : Tuh... Untuk bisa memahami  TUHAN ADALAH GEMBALAKU, pertama kita harus mengerti apakah gembala itu. Siapa yang mengucapkan. Untuk siapa ayat ini di tulis. Ka...
Bolehkah wanita berkhotbah ? Dengan banyaknya kontradiksi antara wanita dan peranannya dalam gereja, sempat muncul pertanyaan, Bolehkah wanita berkhotbah ? Apakah wanita tidak ...
Saat kehidupanmu kehilangan fokus Menurut KBBI kata fokus bisa dijelaskan sebagai pusat. Memfokuskan berarti memusatkan perhatian, pembicaraan, pandangan, dsb pada ...  Apakah kehidupa...
Pesan dari anak yang suka memberontak Mungkin karena gambar yang dishare di facebook oleh salah seorang keponakanku. Pikiranku melayang pada masa kecilku, dimana aku dibesarkan oleh Nenek ...
Kamu bisa belajar apa saja, di mana saja Beberapa hari yang lalu, aku dan anak pertama ku bercakap-cakap, mengenai kemajuannya dalam belajar biola. Dari yang tidak bisa membaca not balok, ...

2 thoughts on “Cara untuk mencapai kehidupan yang memuaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.