3 Cara berpikir yang Normal

Apakah cara berpikir yang normal itu? Disini, kita akan belajar tentang bagaimana Yesus berpikir.

Bertahun-tahun aku rutin pergi ke gereja, minggu-demi minggu. Tapi aku tidak hidup dalam ‘Kehidupan Kristen yang berkemenangan’.

Aku baca alkitab tiap hari, melayani di gereja, pergi ke rumah-rumah orang mengabarkan tentang Yesus. Karena aku sungguh-sungguh ingin melayani Tuhan. Meskipun aku melakukan hal itu, tetap saja aku sering merasa tidak bersuka cita.

Aku punya dasar yang bagus di gereja. Aku diajarkan bahwa keselamatan didapatkan melalui kasih karuni Tuhan.

Tapi aku tidak belajar tentang bagaimana caranya berubah dan diubahkan menjadi serupa dengan gambaran Kristus dengan memperbaharui pikiranku sesuai dengan Firman Tuhan.

Jadi aku pergi kegereja dihari minggu, sepanjang minggu berantem dengan suamiku, frustasi mengahadapi anak-anakku dan merasa sedih, depresi, marah -rasanya seperti hancur- lalu aku akan kembali lagi ke gereja di hari minggu. Aku merasa seperti aku tidak tahu bagaimana caranya bertidak seperti orang yang ‘Waras’.

Efesus 4:23-24 bilang : “terus-menerus diperbaharui dalam roh dan pikiranmu [memiliki sikap mental dan spiritual yang diperbaharui], dan mengenakan sifat baru … diciptakan menurut gambar Allah …. ”

Hal ini sangat penting, karena sangat tidak mungkin untuk memiliki hidup yang damai dan positif namun di waktu yang bersamaan memiliki pikiran yang negatif.

Aku menemukan bahwa ketika kita meluangkan waktu untuk memperbaharui pikiran kita dengan Firman Tuhan.

Kita belajar untuk berpikir apa yang Tuhan pikirkan. Berkata-kata apa yang Tuhan katakan, dan bersikap seperti apa yang Tuhan inginkan kita bersikap.

Lalu kita bisa mendapatkan apa yang Tuhan inginkan kita miliki- hidup yang berkelimpahan dalan Kristus, dipenuhi oleh kebenaranNya, damai, dan Sukacita (lihat Yoh 10:10 dan Roma 14:17)

3 Cara berpikir yang normal

Hal pertama yang harus dimengerti adalah saat kita menjadi ciptaan baru dalam kristus (Lihat 2 Kor 5:17), apa yang normal bagi dunia bukan lagi hal yang normal untuk kita. Ada caranya bagaimana kita menjalani hidup sesuai dengan citra Kristus didunia.

Sebagai contoh, banyak orang didunia ini berpikiran bahwa khawatir adalah hal yang normal, tapi sebagai pengikut Kristus, Kekuatiran bukan hal yang normal untuk kita. Filipi 4:6 berkata ‘Janganlah kamu kuatir tentang apapun juga’. Bukan berarti kita tidak akan merasa khawatir, tapi saat kita merasakan hal tersebut, kita bisa berdoa dan menyerahkan ke Tuhan, jadi kita bisa memiliki kedamaian yang dari padaNya saat kita melalui masa2 sulit.

1 Kor 2:16 Berkata ‘kita memiliki Pikiran Kristus’ Artinya apapun keadaan yang sedang kita hadapi, kita mempunyai kebijaksanaan, kepekaan dan damai sejahtera dari Tuhan, untuk menuntun dalam setiap keputusan yang kita buat.

Ada beberapa pola pikir alkitabiah yang dapat aku sebutkan untuk membantu kamu memperbaharui pikiran sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

1. Pikiran yang terarah

Kolose 3:2 Berkata ‘Tetapkanlah pikiranmu di dalam perkara yang di atas, jangan di dalam perkara yang di bumi’. Satu-satunya cara kita bisa mencapai apa yang benar-benar kita ingin lakukan dalam hidup adalah dengan memastikan apa yang sudah Tuhan taruh dalam hati kita untuk lakukan dan menetapkan pikiran kita untuk melakukannya. Dengan bantuan dari Roh Kudus, kamu bisa mengarahkan pikiranmu dan berhenti memikirkan keputusanmu sendiri.

2. Pikiran yang sederhana

Filipi 2:5 Berkata: ‘Karena apa yang ada di dalam Kristus Yesus, biarlah itu dipikirkan olehmu juga’. Orang yang memiliki pikiran yang sederhana akan hidup lebih damai karena mereka bisa sabar menunggu waktu Tuhan dan mengikuti arahanNya. mereka tidak selalu bergumul dengan pertanyaan Kenapa atau kapan. Dan pikiran yang sederhana tidak menghakimi pada sesama.

3. Pikiran yang Fokus

Kita hidup dijaman gangguan. Sangat menakjubkan melihat banyaknya informasi yang bisa kita dapatkan dalam sekejap melalui teknologi, media dan kesibukan dalam dunia ini. AKu belajar bagaimana caranya menjaga pikiranku tetap fokus pada apa yang sedang aku lakukan, dari pada berpikir tentang beberapa hal dalam sekali waktu, atau memikirkan apa yang akan aku lakukan selanjutnya.

Aku bisa memilih

Suatu pewahyuan yang mulia untukku saat aku menyadari bahwa aku tidak harus memikirkan apa saja yang masuk kepikiranku. Aku bisa memilih apa yang dapat aku pikirkan dan memikirkan apa yang aku inginkan.

Ada jalan untuk mendapatkan kebenaran, damai dan sukacita didalam Roh kudus… Agar dapat berkemenangan dalam segala keadaan dan tidak hidup menurut apa yang dunia bilang ‘Normal’. Semua itu bermula dengan cara memperbaharui pikiran kita. Pilihan ada ditangan kita.

Jadi buatlah keputusan untuk meluangkan waktu membaca dan meditasi (mengulang) Firman Tuhan. Berdoalah dan minta pada tuhan untuk membantumu mengerti bagaimana caranya meenerapkan kebijaksanaan yang sudah kamu dapatkan kedalam kehidupan sehari-hari. Saat kamu memperbaharui pikiranmu dengan meditasikan Firman Tuhan. Tuhan akan melakukan bagianNya. Dan kamu akan menyukai transformasi Tuhan yang akan membuatmu memiliki Pikiran yang ‘Normal’- yaitu Pikiran Kristus.
Diterjemahkan dari sini.

Related Post

Surat untuk aku Dalam perjalananku ditemukan oleh kasih karunia, aku membuat surat. Sebagai pengingat untukku pribadi, bahwa yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yan...
Buang Kekhawatiran dengan Meditasi Mazmur 23 : Tuh... Untuk bisa memahami  TUHAN ADALAH GEMBALAKU, pertama kita harus mengerti apakah gembala itu. Siapa yang mengucapkan. Untuk siapa ayat ini di tulis. Ka...
Bolehkah wanita berkhotbah ? Dengan banyaknya kontradiksi antara wanita dan peranannya dalam gereja, sempat muncul pertanyaan, Bolehkah wanita berkhotbah ? Apakah wanita tidak ...
Identitas anak-anak Tuhan didalam Yesus Kristus Tulisan ini disiapkan untuk diberikan pada anak-anak sekolah minggu GBC Jakarta. Betapa indahnya jika semenjak kecil, anak-anak kita sudah mengerti id...
Cara untuk mencapai kehidupan yang memuaskan   Apakah kamu salah satu dari manusia yang pernah berpikir, adakah kehidupan yang benar-benar memuaskan? Kamu sering berandai-andai, kalau saj...

2 thoughts on “3 Cara berpikir yang Normal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *