Saat pernikahan bermasalah, ini yang saya lakukan.

Pagi ini masih terpengaruh pada amarah tadi malam yang menggebu, dan langsung ambil keputusan untuk mengibarkan bendera putih, sebagai tanda ketidakmampuan diri ini untuk tetap bertahan.

Happiness is a choice

Awalnya ingin langsung curhat ke ibu, tapi saat liat chat terakhir dari ibu, koq ya pas banget, isinya aku co-pas seperti berikut :

Good morning ??

Margaret, istri John Maxwell (motivator top dunia) menjadi pembicara di seminar tentang “Kebahagiaan”.

Maxwell, sang suami duduk mendengarkan di bangku paling depan.

Selesai ceramah, pada sesi tanya jawab, seorang ibu mengacungkan tangannya & bertanya, “Mrs. Margaret, APAKAH suami Anda membuat Anda bahagia ???”

Seluruh ruangan langsung terdiam. Margaret tampak berpikir sejenak & kemudian menjawab, “Tidak…” Seluruh hadirin terkejut.

“Tidak…” katanya sekali lagi, “John Maxwell tidak bisa membuatku bahagia”.

Hadirin langsung menoleh ke arah Maxwell. Maxwell juga menoleh mencari pintu keluar. Rasanya ingin cepat-cepat keluar.

Kemudian, Margaret melanjutkan,

“John Maxwell adalah seorang suami yang sangat baik. Ia tidak pernah berjudi & mabuk. Ia seorang suami yang setia, selalu memenuhi kebutuhan saya, baik jasmani maupun rohani. Tapi, tetap dia tidak bisa membuatku bahagia.”

Seorang yang hadir bertanya, “Mengapa ???”

Jawabnya, “Karena TIDAK ADA SEORANG PUN DI DUNIA INI YG BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEBAHAGIAANKU SELAIN DIRIKU SENDIRI.”

Margaret menjelaskan, “Tidak ada orang lain yang bisa membuatmu bahagia.

Baik itu pasangan hidupmu, sahabatmu, uangmu, hobimu.
Semua itu tidak bisa membuat mu bahagia, Yang bisa membuat dirimu bahagia adalah dirimu sendiri.

  • Kamulah yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri
  • Kalau kamu selalu bersyukur, tidak mengeluh, tidak pernah punya perasaan minder/rendah diri, tidak self pity / fokus mengasihi diri sendiri / merasa selalu benar, tidak negatif thinking selalu berpikiran positif, selalu berbuat baik kepada semua orang dan tidak punya musuh, tidak mencari kambing hitam, kamu tidak akan merasa sedih.
  • Pola pikir kitalah yang menentukan apakah kita bahagia atau tidak, BUKAN faktor luar

Bahagia tidaknya hidupmu bukan ditentukan oleh seberapa kaya dirimu, cantik istrimu/gagah suamimu, atau se-sukses apa hidupmu.

Bahagia itu PILIHANMU SENDIRI
Hari ini kita mau bahagia atau tidak… adalah pilihan kita sendiri…. BUKAN ORANG LAIN.

Ga tau tulisan diatas benar atau hoax, tanpa sempat mengecek kebenarannya, perasaan hati ini mulai berubah. Definitely, i choose to be happy.

Casting Crown : Broken Together

Setelah baca itu langsung membatalkan sesi curhat, dan beralih ke Youtube. Sebenarnya mau cari lagu ‘No Longer Slave’ dari Bethel Music. Karena lyric lagu itu yang terus berkumandang di telingaku dalam perjalanan menuju tempat kerja.

Eh… koq ya ga sengaja liat lagu dari Casting Crown, yang berjudul broken together.

He talk to me through this song.

Sesungguhnya, untuk kesayangan Tuhan ga ada yang namanya ‘ga sengaja’. For He loves me so much, He know how to make me happy, and give me the peace of mind.

Sebagai seorang yang telah menikah selama 12 tahun, aku bisa bilang, bahwa lagu ini adalah saran terbaik, untuk suami istri yang sedang mengalami permasalahan dalam pernikahan.

Tidak ada ‘hubungan yang sempurna‘ atau pun ‘pasangan yang sempurna’ diluar sana.

Bahkan sebelum anak-anak hadir, pernikahan membutuhkan kerjasama dan kesepakatan, tiap harinya.

Termasuk berkorban dan berkompromi.

Namun  layak untuk diperjuangkan, karena saat kamu melihat kebelakang untuk mengingat saat-saat indah dan kenangan bersama.
Kamu tau bahwa orang yang ada disamping mu setiap pagi, akan ada untuk membuat lebih banyak lagi kenangan, sampai maut memisahkan.

Only God is going to be able to make my marriage work and broken people can be broken together, in Christ.

Related Post

Blueprint Hubungan Suami Istri Hubungan suami istri memang indah saat pernikahan bahagia, it's like heaven on earth. Namun saat pernikahan dalam fase kehancuran, it's like hell on e...
Apakah harus Bercerai atau Bertahan? 3 Masalah per... Apakah pernikahanmu, sedang dihadapkan pada pilihan untuk bercerai atau bertahan. Memang tidak mudah. Berawal dari beberapa minggu yang lalu. Saat ...
Saran Praktis: Pasangan dapat Dimenangkan Tanpa Pe... Mungkin kamu pernah dengar bahwa 'Iman tanpa perbuatan adalah mati'. Nah, dimenangkan tanpa perkataan adalah hasil dari perbuatan iman tunduk pada sua...
Orang ketiga dalam pernikahan Orang ketiga dalam pernikahan, seringkali di jadikan alasan kehancuran sebuah hubungan. Walaupun sebenarnya, jika terapkan dengan benar,  malah da...
10 Ayat Alkitab untuk Pernikahan yang lebih baik Sebagai seorang pengikut Kristus, Alkitab adalah buku pegangan untuk semua segi kehidupan saya. Termasuk didalamnya kehidupan pernikahan. Saya akan sh...

4 thoughts on “Saat pernikahan bermasalah, ini yang saya lakukan.

  1. Pernikahan saya sedang bermasalah , tidak ada tempat untuk curhat …klik klik internet buat cari jawaban masalah ..saya bersyukur sekali ketemu page Anda… Sungguh mengena , Broken together -Casting crow menjadi lagu fave saya …tulisan Anda sungguh meringankan beban hati ku …meskipun masalah dengan suami masih belum selesai , tapi saya bisa lebih tenang dan fokus memikirkan solusi terbaik buat pernikahan kami. Terima kasih untuk sharing Anda …you save me from deppresion. Saya cuma bisa membalas dengan doa terbaik untukmu dan keluarga. GBU

    1. Terimakasih untuk doanya, kak Lenni.

      Kirim doa juga agar hubungan kakak dan suami menjadi lebih baik.

      Jangan takut, Tuhan ada dipihakmu.

  2. Hi mbak anggi. Aku terdampar ke sini dr blognya mb gracemelia. Blog mb anggi sangat memberkati aku. Trimakasih ya sharing pernikahannya. Benar, tak ada pernikahan yangvsempurna. Dan aku msh sering tjebak dalam self pity saat ketidaksempurnaan itu nyata.

    Gbu and fam mb anggi 🙂

    1. Gbu too, kakak.

      Saat self pity, biasanya aku sll baca Alkitab atau dengerin khotbah, agar aku diingatkan, bahwa aku adalah ciptaanNya yang sempurna, melalui Yesus (2 Kor 12:9). Bahwa DIA tidak pernah membuat kesalahan. Bahkan kelemahan kita pun bisa dijadikan kekuatan oleh DIA.

      Self pity nya hilang, dan berganti pujian kepadaNya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.