Daftar peralatan untuk camping keluarga

Liburan Idul Adha 2016 kami gunakan untuk Camping Keluarga di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas. Setelah beberapa hari sebelumnya hunting biaya-biaya dan apa aja yang harus dipersiapkan untuk camping keluarga. Akhirnya sabtu pagi kami berangkat dari rumah.

Berikut aku coba rincikan peralatan yang perlu dibawa saat Camping Keluarga:

1. Tenda

Kalo bisa kita pilih tenda yang yang double layer jadi ga gampang bocor. Kami pake Lafuma ukuran 2-3 orang.  Ini tenda yang kami gunakan, diatasnya kami pasang Flysheet.

2. Flysheet

Fungsinya untuk penahan air saat hujan dan mengurangi sengatan panas matahari, di taruh diatas tenda. Jangan sampai Flysheet bersentuhan langsung dengan tenda, untuk mencegah rembesan air masuk ke dalam tenda.

3. Alas

Biasanya, setiap tenda dome sudah ada alas yang terbuat dari Terpal, tapi sebaiknya kita kasih lapisan lagidiatasnya. Karena klo ga dikasih lapisan lagi diatasnya, dingin dari tanah dibawah alas akan lebih terasa. Pilih alas yang ga gampang basah dan mudah dibersihkan. Lapisannya bisa berupa matras, tikar atau karpet plastik yang biasa untuk alas main anak-anak. Nah karena kami ga punya matras atau karpet plastik, alas yang tersedia dirumah kami adalah tikar, jadi kami pake tikar sebagai alas tenda kami.

4. Sleeping Bag

Klo ada sleeping bag silahkan dibawa, soalnya hawa gunung dingin banget, tapi, karena kami ga punya, kami bawa Bedcover, aku sih liat ada yang bawa sarung atau selimut.

5. Kompor Portable

Kompor dipake untuk masak. Ya iyalah masa untuk ganjelan tenda. Jenis kompor untuk camping ada yang bahan bakarnya spirtus ada yang bahan bakar gas. Kami pake yang berbahan bakar gas. Pertama kami bawa 1 Botol gas Hi-Cook, tapi ternyata kurang untuk 2 hari, jadi di malam terakhir beli 1 lagi.

6. Peralatan Masak

Peralatan masak yang kami bawa : Penggorengan kecil, Panci kecil, Dandang kecil, Sodet, Psau, Gunting.

7. Alat Makan

Peralatan makan yang kami bawa : Piring, mangkok, gelas, sendok, garpu.

8. Ember

Untuk persiapan cuci piring, klo ternyata tenda kita jauh dari sumber air. Bisa juga dipake untuk cuci baju, klo camping kita lama.

9. Teko Air

Kami gunakan sebagai tempat penyimpanan air minum setelah air dimasak.
Karena di area bumi perkemahan tidak ada listrik, maka kami persiapkan buku bacaan, dan peralatan melukis untuk anak-anak, juga satu atau dua mainan.

Kira-kira peralatan seperti diatas yang perlu dipersiapkan agar camping keluarga sukses.

Related Post

Biaya Camping Keluarga di Mandalawangi   Temanya masih sekitar camping keluarga di mandalawangi. Berikut aku coba tuliskan biaya yang kami keluarkan saat camping keluarga di Mandala...
Camping Di Gunung Bunder Ketularan virus camping dari emaknya, kiddos jadi suka untuk isi liburan dengan camping. Libur natal tahun 2016, kami pergunakan untuk camping di Gunu...
Camping di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas Sudah beberapa bulan yang lalu, aku sounding ke anak-anak tentang rencana Camping. Akhirnya kami memanfaatkan liburan long weekend di bulan september ...
Memilih tenda untuk camping keluarga Camping adalah salah satu aktifitas favorit keluarga kami. Sudah beberapa kali keluarga kami camping. Dan setelah mempertimbangkan hal ini akan jadi a...
Pesan dari anak yang suka memberontak Mungkin karena gambar yang dishare di facebook oleh salah seorang keponakanku. Pikiranku melayang pada masa kecilku, dimana aku dibesarkan oleh Nenek ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.