Sunday School

Sekolah Minggu | FirmanMu Pelita Bagi Kakiku, Terang Bagi Jalanku

Setelah kemarin merayakan imlek, and get inspired by the lampion. Aku memutuskan untuk membacakan Mazmur 119:105 untuk Sekolah Minggu. FirmanMu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Sekarang kita akan masuk ke penjelasan. Bagaimana menjelaskan pada anak-anak umur 2-5 tahun bahwa Yesus adalah sumber terang dalam hidup.

Alkitab adalah Pelita

Pertama aku pastikan anak-anak mengerti, apa itu Pelita dan Apa itu Kegelapan. Agar mereka mengerti dengan kegelapan, bisa ditanyakan :

Apakah rumah kalian pernah mati lampu? Apakah terang atau gelap? Apakah kita bisa berjalan jika gelap? Apa sih yang diperlukan saat mati lampu? (Senter). Enak ga saat mati Lampu?

Lalu aku akan minta anak-anak untuk membayangkan :

Bayangkan kamu sedang berjalan dalam hutan yang gelap. Tidak ada lampu. Dan Karena pohonnya sangat rimbun, cahaya bulan tidak bisa menerangi jalanan didepanmu. Kamu tidak tahu posisi kamu sekarang ini. Apakah kamu mencoba untuk tetap jalan?

Tiba-tiba kamu ingat, kalo kamu bawa senter di tasmu. Kamu lupa!!

Setiap kamu nyalakan senter, kamu bisa melihat jalan didepanmu. Namun, saat senter padam, kamu mulai diam, dan meraba-raba jalanan didepanmu. Itulah sebabnya kamu harus selalu menyalakan sentermu.

Nah, sebagai anak Tuhan, Firman Tuhan adalah Senter/Lampu yang bisa menerangi kegelapan dalan hidup kita (Bacakan Mzm 119:105). Tuhan memberikan Alkitab supaya kita bisa menemukan jalan mana yang harus kita pilih, sesuai dengan rencanaNya. Dan jika kita melihat di Yohanes 1:1 di jelaskan bahwa Firman itu adalah Yesus. Dan Yesus lah terang manusia (Yoh 1:4). Yesus bercahaya dalam kegelapan (Yoh 1:5).

Saat gelap, apakah lebih mudah melihat jika kita mempunyai sumber penerangan (senter/lampu)? Ya

Jika firman Tuhan adalah sumber penerangan, apakah kita perlu menggunakannya? (ya)

Apa yang Alkitab katakan tentang Yesus ? (Sumber terang/Penerang dalam kegelapan)

Untuk craft aku buat lampion seperti ini :

DIY-Lampion

Sediakan kertas ukuran A4/F4, minta anak-anak untuk menggambar, apapun yang mereka suka, sebagai hiasan dari Lampionnya. Setelah selesai, lipat menjadi 2, lalu gunting. Tempelkan kedua sisinya, lebih aman dengan lem agar tidak menusuk (dicontoh gambar aku gunakan staples). Lalu tempelkan kertas lainnya, sebagai pegangan di bagian atas lampion. Hati-hati agar gambar tidak terbalik.

Di bagian untuk memegang, aku beri Tulisan ‘FirmanMu pelita bagi kakiku, dan terang bagi jalanku’ Mazmur 119:105

Ini hasil dari kiddos di sunday school :

Lampion

 

 

Related Post

Menjawab Pertanyaan Sulit Anak-Anak di dalam Alkit... Tulisan kali ini, Menjawab Pertanyaan Sulit anak-anak di dalam Alkitab, saya persiapkan untuk disampaikan pada Anak-anak Mighty di GBC Jakarta, pada h...
Identitas anak-anak Tuhan didalam Yesus Kristus Tulisan ini disiapkan untuk diberikan pada anak-anak sekolah minggu GBC Jakarta. Betapa indahnya jika semenjak kecil, anak-anak kita sudah mengerti id...
Sekolah Minggu | Raja Yang Bijaksana Cerita ini aku siapkan untuk dibacakan pada anak-anak Sunday School GBC, Jakarta. Raja yang Bijaksana Dahulu kala hiduplah seorang raja yang ter...
Menjadi Guru Sekolah Minggu Awalnya sekolah minggu didirikan untuk mendidik anak-anak kurang mampu yang tidak bisa mendapatkan pendidikan secara layak. Pada abad ke 19, anak-anak...
Sekolah Minggu: Tuhan Sayang Kamu Tulisan kali ini, aku buat untuk anak-anak Sekolah Minggu.  Kerinduanku adalah, semenjak kecil, anak-anak mengerti bahwa Bapa sayang anaknya. Tidak pe...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.