God's Grace

Hati-hati dengan Kasih Karunia

 

Beneran inih… Hati-hati dengan pengajaran kasih karunia!! Nanti kamu dibikin sesat loh.  Itu lah yang sering aku dengar dan aku baca. Sampai-sampai aku sempet skeptis sama yang namanya kasih karunia.

Ibadah Oikumene lingkungan kantor

Jadi gini, hari ini aku mengikuti pelatihan bahaya kebakaran. Setelah selesai aku langsung ke kantor. Eh… Pas lagi parkir motor, aku dengar ada suara puji-pujian. Aku mlengos ga jadi masuk kantor, nyari sumber suara dulu. Ternyata sedang ada ibadah oikumene di lantai dasar gedung kantorku. Aku masuk dan ikut ibadah.

Siang itu pak pendeta minta kita buka mazmur 91:14-15. Loh koq sama, pikirku. Kebetulan aku juga lagi baca bukunya Joseph Prince ‘The Prayer of Protection‘.

Kata pak pendeta, ga semua orang kristen bisa dapat janji perlindungan dari Mzm 91:1-13. Kalo kamu mau janji itu kamu harus lihat requirementnya di ayat 14, perlindungan itu hanya untuk anak-anak Tuhan yg hatinya melekat pada Tuhan. Bagaimana sih membuat hati kita melekat sama Tuhan? Kita harus mengasihi Tuhan dengan segenap hati (Mat 22:37) dan mengikuti semua perintahNya (Yoh 14:15).

Salah ga yang dibilang sama pak pendeta? Ngga. Disini pak pendeta sedang memfokuskan pada usaha kita (manusia), untuk bisa menerima janji di Mzm 91. Hampura yeuh, pak pendeta. Tapi usahanya aku dan seluruh manusia dibumi (kecuali Yesus) untuk berbuat baik, ga akan ada artinya. Tanpa ketaatan dan pengorbanan Yesus di kayu salib. Nabi Yesaya pernah bilang, segala kesalehan (perbuatan baik) kita ga lebih baik dari kain kotor, bekas menstruasi (Yes 64:6).

Mazmur perlindungan 911

Kalau saja, pak pendeta fokusnya pada ayat pertama. Mazmur 91:1 ‘Orang yg duduk dalam lindungan yang maha tinggi dan bermalam dalam naungan yang maha kuasa’. Siapakah orang yang beruntung itu? Orang itu adalah kita orang yang percaya pada Yesus.

Masa sih sih, Nggi?! Ga percaya gw.

Buka Efesus 2:6 Dalam Yesus, Ia (baca: Tuhan) TELAH membangkitkan kita dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di surga. Masih belum nangkep? Baca Ibrani 1:3. Disitu dibilang Yesus duduk disebelah kanan Allah Bapa.

Lah, trus apa hubungannya? Ayat itu kan menjelaskan Yesus ada di samping Allah disurga. Disurga Anggi, disurga!! Bukan di bumi. Kita kan masih dibumi!! Belum disurga.

As Jesus is so am i in this world

Hmm… Kamu belum tau ya, saat kita hidup dibumi ini, fasilitas yang kita dapat sama dengan Yesus di Surga. As Jesus is so am i, in this world (1 Yoh 4:17).

Kenyataan yang seperti inilah yang ingin aku bagikan sama  kamu. Oleh karena Yesus menggantikan tempat kita di kayu salib. Sekarang, kita bisa menempati tempat Yesus. Dan berhak untuk dapat disebut orang-orang di Mzm 91:1.

Kasih karunia membuat kamu tidak puas saat kamu belum menemukan hati Bapa

Nah… Jadi sekarang kamu tau kan, betapa bahayanya kasih karunia itu. Kasih karunia membuat kamu tidak puas saat kamu belum menemukan hati Bapa yang sesungguhnya. Kasih karunia membuat kamu tidak mau dibodohi oleh orang-orang yang menekankan pada usaha kamu. Karena memang usaha kamu itu ga ada apa-apanya.

Namun setelah kamu mengenal kasih karunia, kamu mengenal hati Bapa. Dan kamu akan bisa berusaha tanpa membuat kamu merasa berusaha sama sekali.

Itulah bahayanya kasih karunia.

Karena oleh kasih karunia lah kamu diselamatkan, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah (Ef 2:8)

Jika, keselamatan saja, yang merupakan karya terbesar dalam hidupmu, adalah kasih karunia dari Allah Bapa. Kamu pikir mempertahankan keselamatan bisa dengan usahamu?

 

Related Post

Buang Kekhawatiran dengan Meditasi Mazmur 23 : Tuh... Untuk bisa memahami  TUHAN ADALAH GEMBALAKU, pertama kita harus mengerti apakah gembala itu. Siapa yang mengucapkan. Untuk siapa ayat ini di tulis. Ka...
Bolehkah wanita berkhotbah ? Dengan banyaknya kontradiksi antara wanita dan peranannya dalam gereja, sempat muncul pertanyaan, Bolehkah wanita berkhotbah ? Apakah wanita tidak ...
Cara untuk mencapai kehidupan yang memuaskan   Apakah kamu salah satu dari manusia yang pernah berpikir, adakah kehidupan yang benar-benar memuaskan? Kamu sering berandai-andai, kalau saj...
Saat kehidupanmu kehilangan fokus Menurut KBBI kata fokus bisa dijelaskan sebagai pusat. Memfokuskan berarti memusatkan perhatian, pembicaraan, pandangan, dsb pada ...  Apakah kehidupa...
Benarkah Yesus Satu-satunya Jalan kesurga? Dengan banyaknya pernyataan dari orang Kristen bahwa Yesus satu-satunya jalan kesurga. Pernakah kamu mempertanyakan hal itu? Benarkah Yesus satu-satun...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.