Menjadi Guru Sekolah Minggu

Awalnya sekolah minggu didirikan untuk mendidik anak-anak kurang mampu yang tidak bisa mendapatkan pendidikan secara layak. Pada abad ke 19, anak-anak dibawah umur sudah harus bekerja  6 hari dalam seminggu. Dan di hari minggu inilah mereka bisa bebas. Di sekolah minggu anak-anak diajarkan banyak hal yang biasanya mereka dapatkan dari sekolah, seperti menulis, membaca, berhitung, menggambar, dll.

Karena sekarang, jaman sudah modern. Saat ini sekolah minggu sudah bisa fokus untuk mengajarkan pengetahuan alkitabiah kepada anak-anak kecil ini. Guru Sekolah minggu akan memberikan bimbingan agar anak-anak dapat mengenal siapa dirinya didalam Kristus, mengerti alkitab, mengajarkan anak-anak untuk berdoa, dan memberikan contoh kepada anak-anak bagaimana melayani sesamanya. Lalu apa saja yang dibutuhkan oleh guru sekolah minggu.

Hal yang dibutuhkan oleh Guru Sekolah Minggu

Komitmen

Menjadi Guru Sekolah minggu adalah keputusan penting. Meskipun hanya diadakan satu minggu sekali namun sebenarnya pelayanan yang dilakukan adalah setiap hari. Untuk menjadi guru sekolah minggu bukan hanya datang di hari minggu, mengerjakan tugas, dan selesai. Sedapat mungkin guru Sekolah Minggu konsisten dengan kehadirannya dan diharapkan bisa berhubungan dengan dengan adik-adik di sepanjang minggunya. Komitmen jangka panjang untuk mengajar dikelas sangat diperlukan disini.

Jalin Hubungan

Dibeberapa situasi, kamu diharapkan untuk bisa membangun hubungan dengan murid sekolah minggu, orang tua, dan bahkan anggota keluarga yang lain. Luangkan waktu untuk mengunjungi murid-murid di rumahnya masing-masing. Buatlah daftar nama panggilan masing-masing anak beserta dengan tanggal ulang tahunnya. Tunjukan bahwa kamu memperdulikan mereka, dengan cara kamu ada saat mereka butuh.

Mengajar dengan persiapan

Guru sekolah minggu yang baik, akan bersiap dan bersemangat saat datang waktunya mereka harus bertugas. Persiapan paling lambat dilakukan dua hari sebelum kamu mengajar. Jadi kamu tidak harus dibuat bingung dengan kertas yang habis, atau mencari pinsil warna yang hilang.

Fleksibel

Bersikap fleksibel adalah bagian kedua dari mengajar dengan persiapan. Jika dalam pelaksanaannya kamu mendapat Firman Tuhan yang tidak sesuai dengan pelajaran hari ini, tapi kamu didorong oleh Roh Kudus untuk membagikannya kepada muridmu, ikutilah alur dari Roh Kudus.

Roh Kudus

Jangan pernah melupakan Roh Kudus. Satu pribadi ini, pastinya tidak bisa lepas dari pelayananmu. Roh Kudus akan membantu kamu mempersiapkan bahan ajar, memberikan keberanian untuk kamu, dan keinginan untuk bersaksi.

Guru terbaik dibentuk dengan melalui proses. Belajar untuk selalu mendengarkan, mulai perduli dan sayangi murid-muridmu. Muridmu tidak membutuhkan Guru Super, namun kamu bisa jadi orang yang selalu ada saat mereka butuhkan.

Enaknya jadi Guru Sekolah minggu itu, kamu punya tempat untuk bersaksi tentang penyertaan Tuhan dalam hidupmu. Kamu akan menemukan banyak kesempatan untuk menceritakan penglaman dihidupmu sebagai ilustrasi. So, jangan malu untuk berbagi.

Related Post

Menjawab Pertanyaan Sulit Anak-Anak di dalam Alkit... Tulisan kali ini, Menjawab Pertanyaan Sulit anak-anak di dalam Alkitab, saya persiapkan untuk disampaikan pada Anak-anak Mighty di GBC Jakarta, pada h...
Identitas anak-anak Tuhan didalam Yesus Kristus Tulisan ini disiapkan untuk diberikan pada anak-anak sekolah minggu GBC Jakarta. Betapa indahnya jika semenjak kecil, anak-anak kita sudah mengerti id...
Terjemahan Bebas: Kamu Istimewa, Karya Max Lucado Wemmick adalah orang-orangan kecil dari kayu. Setiap orang-orang kecil ini di buat oleh tukang kayu yang bernama Eli. Tempat kerjanya terletak diatas ...
Buang Kekhawatiran dengan Meditasi Mazmur 23 : Tuh... Untuk bisa memahami  TUHAN ADALAH GEMBALAKU, pertama kita harus mengerti apakah gembala itu. Siapa yang mengucapkan. Untuk siapa ayat ini di tulis. Ka...
Bolehkah wanita berkhotbah ? Dengan banyaknya kontradiksi antara wanita dan peranannya dalam gereja, sempat muncul pertanyaan, Bolehkah wanita berkhotbah ? Apakah wanita tidak ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *