Ada Solusinya untuk Pasangan yang menolak homeschooling

Adakah solusi untuk permasalahan saya, soalnya pasangan menolak homeschooling?

Apa yang akan terjadi, jika pasangan suami istri memiliki pandangan berbeda tentang pendidikan anak-anak. Salah satu nya ingin memilih homeschooling, sedangkan pasangannya menolak homeschooling?

Bagaimana caranya membuat pasangan yang menolak homeschooling, menjadi mau bekerja sama?

Kira-kira, begitulah pertanyaan yang saya terima lewat sosial media.

Berawal dari pernyataan saya, distatus teman, bahwa awalnya pasangan tidak menyetujui keinginan saya, untuk memilih homeschooling bagi anak-anak kami. Lalu permintaan untuk sharing pengalaman, muncul.

So here i am….

Sekarang sih,  suami sudah sangat berubah. Dia telah mengijinkan dan bahkan mendukung kegiatan belajar dirumah.

pasangan_menolak_homeschooling

Berkaca dari pengalaman keluarga kami. Ada beberapa skenario yang mungkin sejalan dengan situasi kamu.

1. Pasangan menolak homeschooling, tapi saya tetap akan melakukannnya.

Benar, pasangan saya menolak homeschooling untuk anak-anak kami. Tapi saya akan tetap menjalankan homeschooling untuk anak-anak kami.

Toh pendapat dia tidak penting, Iya kan? Saran saya: Jangan!!

Ide yang sangat buruk!

Jangan pilih homeschooling saat pasanganmu tidak setuju.

Jangan pilih homeschooling saat pasanganmu tidak setuju.Click To Tweet

Kamu akan memberikan contoh, bahwa, it’s ok untuk tidak mendengarkan orang tua mereka.

Kamu pasti ga mau menjadi teladan yang buruk untuk anak-anak mu.

Lagi pula, kamu sangat perlu dukungan dari pasangan.

Berada dijalur pendidikan alternatif, yang bukan menjadi pilihan banyak orang. Sering membuat kamu merasa sendirian, bahkan mungkin ingin menyerah.

Disini lah kamu memerlukan pasangan. Untuk bisa bekerja sama, saling memberi semangat, dan menguatkan.

2. Pasangan Menolak homescooling. Jadi, lebih baik saya lupakan saja keinginan saya.

Bisa saja kamu lupakan keinginan kamu untuk homeschooling dan mengirimkan anak-anak ke sekolah atau ke asrama.

Banyak orang yang melakukannya. Namun apakah kamu bisa, menutup mata pada kesadaraan yang telah ada di dalam diri.

Saya tau, saya tidak bisa.

3. Pasangan menolak homeschooling, saya akan cari tahu kenapa dia tidak suka homeschooling.

Saya pernah di kategori yang pertama dan gagal. Mencoba melupakan, namun tidak bisa.

Maka saya coba skenario ke 3.

Saya bersemangat sekali untuk memilih homeschoolong. Sementara pasangan tidak pernah mendengar apa itu homeschooling.

Secara bertahap, saya mulai mendekati pasangan, dan mencari tau alasan dari penolakannya.

8 Alasan dibalik penolakan pasangan

Setelah kami berbicara dari hati ke hati, berikut keberatan yang diajukan oleh pasangan:

1. Nanti anak gue ga bisa kuliah.

Setelah selama ini melakukan riset, pasti kamu sudah tau bahwa ketakutannya tidak beralasan. Namun kamu juga tidak bisa meremehkan perasaannya.

Saya menjelaskan pada suami, bahwa sekolah atau homeschool tidak langsung menjadikan anak bisa kuliah.

Namun, sekarang pemerintah sudah memastikan bahwa anak homeschool bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Melalui Ijazah Paket atau Jalur Prestasi.

2. Kalo ga sekolah, gimana anak gue bisa dapat kerja?

Punya Ijazah, tidak menjamin anak kita bisa mendapat kerja. Sama halnya dengan homeschool.

Solusinya adalah bagaimana kita mempersiapkan anak-anak untuk pekerjaan yang mereka impikan.

Membekali anak dengan skill yang mungkin mereka butuhkan, atau lebih baik lagi, yang mereka sukai.

Mungkin, dengan sekolah tujuan kita bisa tercapai. Atau jika ternyata sekolah mematikan kreatifitas anak, maka kita punya solusi lain, yaitu homeschooling.

3. Bagaimana nanti dia bisa punya teman?

Ada anak yang terampil berteman dengan siapa saja. Ada juga anak yang sangat selektif dalam berteman.

Jadi, tidak berarti anak sekolah akan punya lebih banyak teman. Kembali pada masing-masing anak.

4. Gue ga mau anak gue jadi aneh.

Aneh karena anak bertanya terus?

Aneh karena punya impian berbeda?

Aneh, karena anak berani mengemukakan pendapatnya?

Aneh yang seperti apa, nih?

Apa yang dimaksud dengan aneh? Menurut KBBI Aneh adalah tidak seperti yang BIASA kita lihat.

Saat memilih homeschooling, bukan hanya anak kita, keluarga kita pasti akan disebut aneh. Karena kita bukan berada di jalan umum.

Dan mereka yang berbeda dengan orang kebanyakan, akan selalu dianggap aneh.

Jika pasangan tidak suka terlihat aneh/berbeda. Jelaskan keuntungan dari dianggap berbeda.

5. Anak gue perlu keluar rumah.

Kata siapa homeschool harus dirumah terus? Banyak sekali kesempatan untuk anak keluar rumah (kalau dia mau). Ada les, kegiatan dengan komunitas, main dengan tetangga.

Jika budget tersedia, kami akan explore tempat-tempat bersejarah, atau sekedar jalan-jalan mengunjungi tempat baru.

Untuk melihat dunia kerja, anak-anak juga sering saya ajak ke kantor.

6. Gue harus ngomong apa sama keluarga besar?

Jelaskan saja yang mereka tanyakan. Selanjutnya, biarkan waktu yang berbicara.

Biasanya, saat keluarga besar melihat keberhasilan anak-anak kita, suara penolakan akan hilang digantikan sorak kebanggaan.

7. Emang lo bisa ngajar? Gue ga percaya sama lo.

Jleb!
Berasa ditusuk sama pisau belati yang telah dipanaskan diatas api (edisi lebay).

Memang benar, orang terdekatlah yang paling sering mematikan impian kita. Karena mereka merasa tahu kemampuan kita.

Disini kita juga harus siap untuk dikritik dan diberi masukan oleh pasangan. Minta masukan dari pasangan.

Catat, apa saja kelebihan dan kelemahan kita. Lalu, renungkan. Bagaimana kita bisa mengatasi kelemahan kita. Atau lebih baik lagi, fokus untuk memperkuat kelebihan agar menutupi semua kekurangan.

8. Biayanya mahal kan? Udah lah kita masukin ke sekolah aja.

Biaya homeschooling bisa sangat murah atau sangat mahal. Sangat bergantung pada tujuan dan rencana kegiatan setiap keluarga.

Internet banyak menyediakan bahan ajar yang gratis, namun jika kamu lebih memilih yang berbayar juga bisa.

Pasangan-menolak-homeschooling

Ambil keputusan

Setelah pembicaraan panjang lebar dengan pasangan. Tentukan keputusannya, apakah kalian sepakat untuk mencoba homeschool atau tidak sama sekali.

4 hal yang bisa dilakukan saat pasangan menolak homeschooling

Jika pasangan masih belum setuju. Kamu bisa melakukan hal ini :

1. Bawa dalam doa

Yep, that’s it.
Kita punya Tuhan yang maha membolak balik hati seseorang. Lebih baik lagi, dengan berdoa, kita meminta Tuhan untuk ikut bekerjasama dan bertanggung jawab, dalam kehidupan dan pendidikan keluarga kita.

And if God is for us, who can be againts us

2. Berdamai dengan pasangan

Dalam hal ini, sebagai istri saya harus tunduk pada keputusan suami. Walaupun bertentangan dengan keinginan saya.

Tetap layani pasangan dengan sukacita.

3. Bertemu Dengan keluarga homeschooling

Merasakan pengalaman bertemu dan berbicara langsung dengan keluarga homechooling. Dapat membantu pasangan untuk melihat, bagaimana keseharian anak homeschool.

Mungkin bisa memberikan cara pandang baru, terhadap keluarga homeschooling.

4. Tetap mempersiapkan diri untuk homeschool

Homeschooling tetap bisa dilakukan walaupun anak-anak sekolah. Selama masa penolakan dari pasangan. Kita bisa tetap bisa bergaul dekat dengan anak.

  • Memperhatikan dan mencatat apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anak.
  • Mengobservasi cara belajar anak.
  • Mencari tahu minat dan bakat anak.
  • Mencocokan cara mengajar kita dengan temperamen anak.

Dan saat pasangan melihat, bagaimana kesungguhan kita dan perubahan pada diri anak-anak.

Pada akhirnya dia akan luluh dan mau bekerja sama dengan kita dalam mendidik anak.

Jadi, jika sekarang kamu sedang dalam ‘masa penolakan’ dari pasangan. Bersukacitalah dan bersiaplah, Tuhan sedang mempersiapkan jalan untukmu.

Apakah kamu punya pengalaman yang sama? Ayo dong, tulis di kolom komentar.

 

Kamu bisa menerima tips homeschooling dan artikel Pengasuhan anak tiap minggu.

Silahkan isi daftar berlangganan GRATIS!

 

Related Post

10 Alasan memilih homeschool Mereka bilang temukan alasan memilih homeschool. Cari lah jawaban dari Kenapa nya. Pertanyaan ini menghantui saya selama bertahun-tahun, karena saya t...
Baca : 9 Alasan Absurd !! Jangan Pilih Homeschooli... Apakah kamu sedang memikirkan untuk memulai Homeschooling? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Karena, bukan cuma keunggulan, homeschool...
7 Tips Emak Kantoran: Homeschooling dan Orang Tua ... Homeschooling dan orang tua bekerja. Banyak keragu-raguan yang muncul dan pertanyaan di topik ini. Jika saat ini ada ibu/bapak yang sedang memikirkan ...
Pesan dari anak yang suka memberontak Mungkin karena gambar yang dishare di facebook oleh salah seorang keponakanku. Pikiranku melayang pada masa kecilku, dimana aku dibesarkan oleh Nenek ...
Kamu bisa belajar apa saja, di mana saja Beberapa hari yang lalu, aku dan anak pertama ku bercakap-cakap, mengenai kemajuannya dalam belajar biola. Dari yang tidak bisa membaca not balok, ...

2 thoughts on “Ada Solusinya untuk Pasangan yang menolak homeschooling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *