Sekolah Minggu | Raja Yang Bijaksana

Cerita ini aku siapkan untuk dibacakan pada anak-anak Sunday School GBC, Jakarta.

Raja yang Bijaksana

Dahulu kala hiduplah seorang raja yang teramat sangat bijaksana dan penuh dengan pengetahuan. Dia mengajar banyak orang dengan pengetahuannya.

Disuatu hari yang berangin, seekor lebah tersesat dan jatuh dalam Istana Sang Raja yang sangat indah. Lalu lebah itu memohon kepada sang raja agar dibiarkan hidup. “aku mohon Raja, biarkanlah aku hidup dan aku akan menjadi pelayanmu”

Raja itu sangat terkejut, dia hampir tidak percaya jika seekor lebah dapat melayani Raja. lalu dia melepaskan lebah tersebut sambil berkata, ‘Pergilah karena aku tidak memerlukan pertolonganmu hari ini’.

Beberapa hari kemudian, banyak orang berkumpul dihalaman istana. Seorang ratu dari sebuah kerajaaan di daerah sheba, datang berkunjung karena tertarik untuk bertemu dengan Raja yang bijaksana tersebut. Sang Ratu ingin memeriksa kebenaran kabar tersebut.

Sesampainya ratu dihadapan tahta Sang Raja. Dia lalu menawarkan persahabatan dan banyak hadiah2 indah, sampai tiba saatnya dia menyampaikan tujuan yang sebenarnya. ‘Aku dengar kamu bijaksana” Kata sang ratu, ‘menurut orang-orang, kamu adalah yang paling bijaksana di seluruh dunia ini, sudilah kiranya aku mencoba kebijaksanaanmu’. Rajapun menyetujui permintaan ratu.

Ratu memberikan teka-teki, pertanyaan yang sulit, namun semuanya bisa dijawab oleh raja. Ratu lalu kesal karena melihat kebijaksanaan dan kepintaran raja. Dan dia tetap berniat untuk membuktikan bahwa raja itu tidak sepintar yang kelihatannya. Lalu ratu mengumpulkan anak2 laki2 dan anak2 perempuan dan mendandani mereka dengan sama persis, lalu meminta raja untuk memilih mana yang laki-laki dan mana yang perempuan. Kemudian raja mengambil baskom air dan meminta anak2 itu untuk mencuci muka. Anak2 laki2 memasukan air kedalam baskom dan menciprat2 air itu, sementara anak2 perempuan memasukan air dengan anggun dan mencuci muka mereka. Dengan cara mereka mencuci muka, raja dpt membedakan mana yg anak laki2 dan mana anak perempuan.

Ratu semakin ngotot untuk membuat raja terlihat bodoh.
keesokan harinya ratu menyiapkan banyak bunga2 cantik dihalaman istana, namun semua adalah bunga palsu yang terlihat seperti asli dan hanya 1 bunga yang benar2 asli. Ratu lalu meminta raja untuk menemukan mana bunga yang asli.

Raja menjadi sedikit bingung dan tidak tahu harus melakukan apa. Tiba2 dia mendengar suara lebah didekatnya. ‘Hai yang mulia’ kata lebah, ‘Aku disini untuk melayanimu, sebagai janjiku karena sudah melepaskanku waktu itu’ Lalu lebah berkeliling mencari bunga yang asli, sampai dia berhenti disebuah bunga Kerena mencium bau madu yang harum dan manis. Raja menghampiri bunga tersebut dan memetiknya, lalu menyerahkannya kepada ratu.

Dan ratu pun setuju bahwa bunga tersebut adalah bunga yang asli. Akhirnya Ratu mengakui kepintaran dan kebijaksanaan raja tersebut.

Siapakah dia?

Benar, dia adalah Raja Salomo anak dari Raja Daud.

Kenapa Salomo bisa menjadi begitu bijaksana?

Karena saat Salomo masih muda, di awal-awal pemerintahannya sebagai raja, dia mimpi bertemu Tuhan dan dalam mimpinya itu Tuhan memberikan kesempatan kepada Salomo untuk meminta sesuatu. Salomo lalu memohon kepada Tuhan untuk diberikan Kebijaksanaan (1 Raj 3:9). Padahal dia bisa aja minta kekayaan, kehormatan, ataupun pasukan yang kuat.

Seperti yang dijawab oleh anak-anak sunday school saat aku bertanya, ‘Apasih permintaan Salomo sama Tuhan?’

Dan berikut jawaban Tuhan atas permintaan Salomo, tercatat di Kitab Raja-Raja 3:12-13
3:12 maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorangpun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau.
3:13 Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorangpun seperti engkau di antara raja-raja.

Aplikasi dalam kehidupan kita

Salomo sendiri dengan dipimpin oleh Roh Kudus menulis kitab Amsal, dan mengatakan bahwa :

Hikmat lebih baik dari emas, dan pengetahuan lebih baik dari perak (Amsal 16:16 BMIK).

Saat kita melihat dalam Perjanjian Baru di Surat Paulus pada Jemaat di Kolose, Paulus menulis (dengan diilhami oleh Roh Kudus yang sama yang mengilhami Salomo) bahwa Kristus adalah sumber hikmat dan pengetahuan dari Allah (Kolose 2:3)

Dari situ kita dapat ambil kesimpulan bahwa saat kita memiliki Kristus kita juga memiliki hikmat dan pengetahuan dipihak kita.

Pertanyaannya:

Apakah kamu memiliki Kristus?
Apakah kamu bisa menjadi penuh hikmat dan pintar seperti Salomo?
Benar sekali, Yesus yang ada didalam kamu yang memampukan kamu untuk melewati segala macam tantangan dengan kebijaksanaanNya dan pengetahuanNya.

Sebagai alat peraga aku buat gambar raja, ratu, bunga dan lebah. Lalu ditempel di Stik Es Krim.

Related Post

Menjawab Pertanyaan Sulit Anak-Anak di dalam Alkit... Tulisan kali ini, Menjawab Pertanyaan Sulit anak-anak di dalam Alkitab, saya persiapkan untuk disampaikan pada Anak-anak Mighty di GBC Jakarta, pada h...
Identitas anak-anak Tuhan didalam Yesus Kristus Tulisan ini disiapkan untuk diberikan pada anak-anak sekolah minggu GBC Jakarta. Betapa indahnya jika semenjak kecil, anak-anak kita sudah mengerti id...
Sekolah Minggu | FirmanMu Pelita Bagi Kakiku, Tera... Setelah kemarin merayakan imlek, and get inspired by the lampion. Aku memutuskan untuk membacakan Mazmur 119:105 untuk Sekolah Minggu. FirmanMu pelita...
Menjadi Guru Sekolah Minggu Awalnya sekolah minggu didirikan untuk mendidik anak-anak kurang mampu yang tidak bisa mendapatkan pendidikan secara layak. Pada abad ke 19, anak-anak...
Sekolah Minggu: Tuhan Sayang Kamu Tulisan kali ini, aku buat untuk anak-anak Sekolah Minggu.  Kerinduanku adalah, semenjak kecil, anak-anak mengerti bahwa Bapa sayang anaknya. Tidak pe...

2 thoughts on “Sekolah Minggu | Raja Yang Bijaksana

  1. Puji Tuhan, terima kasih kak ilustrasi ceritanya sangat bagus dan cocok buat anak2. Jgn bisan2 kirim ceritanya yah kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.