Sekolah Minggu: Tuhan Sayang Kamu

Tulisan kali ini, aku buat untuk anak-anak Sekolah Minggu.  Kerinduanku adalah, semenjak kecil, anak-anak mengerti bahwa Bapa sayang anaknya. Tidak perduli apa yang dikatakan orang-orang itu pada mereka. Allah Bapa selalu sayang.

Jika dunia ini bisa mendikte anak-anak kita. ‘Kamu istimewa kalau… Kamu pintar, kamu cantik, kamu berbakat’.

Maka, kita bisa mengingatkan anak-anak kita apa yang Tuhan katakan tentang mereka. Dan Tuhan bilang: ‘Kamu istimewa, karena kamu adalah milikKu’.

Pembukaan

Selamat Pagi adik-adik….
(ucapkan salam, ajak anak-anak untuk berdoa, bercakap-cakap tentang pagi ini, kemarin atau apapun yang ada hubungannya dengan pelajaran hari ini)

Baca juga : Meditasikan Mazmur 23, Tuhan adalah Gembalaku

Hari ini, aku mau membacakan buku cerita dari Max Lucado, yang berjudul, ‘Kamu Istimewa’ , silahkan baca ceritanya disini.

Setelah cerita dibacakan (atau bersamaan saat cerita dibacakan) berkomunikasilah dengan anak-anak.

Tanyakan, ceritanya tentang apa? Terima jawaban dari mereka.

Jika ada yang belum mengerti.

Berikan penjelasan bahwa ini adalah cerita tentang manusia dan sesamanya yang suka memberikan pujian dan cemoohan.

Juga tentang manusia yang sering kali takut, malu, atau tidak berani untuk bertemu dengan Penciptanya. Padahal penciptanya sangat mencintai manusia ciptaannya.

Beri saran, agar anak-anak belajar untuk menahan diri saat ingin mengeluarkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain.

Beri contoh Punchinello yang jadi tidak percaya diri karena menerima banyak stiker bulat dari wemmick-wemmick di sekitarnya.

Baca juga: Cinta bukan hanya Hubungan fisik 

Beri semangat juga agar anak-anak ingat bahwa apa yang dikatakan oleh orang lain tentang mereka itu tidak penting. Yang terpenting adalah apa yang Tuhan katakan tentang mereka, ayat-ayat pendukung bisa didapatkan disini.

Waktunya Craft

Untuk craft, aku bikin simple seperti gambar dibawah ini, lalu aku minta anak-anak untuk menghias.

Siapkan kertas A4, lalu dilipat dua. Minta anak-anak untuk menaruh tangannya diatas kertas (lihat gambar), agar didapatkan bentuk heart/love. Tebalkan dengan menggunakan pinsil atau pulpen

Jika bentuk tangan sudah didapat, gunting mengikuti bentuk tangan. Namun bagian (ujung kuku) ibu jari dan telunjuk jangan digunting, agar kedua tangan menyatu. Jika tidak sengaja tergunting di lem saja.

 

Minta anak-anak untuk menuliskan namanya di salah satu tangan dan ayat hari ini di tangan satunya. Ayat hari ini adalah Mazmur 136:1 (bisa diganti dengan ayat yang kamu dapatkan dari Tuhan).

Minta anak-anak untuk menghias semeriah mungkin. Aku suka sekali melihat ke-kreatif-an anak kecil dan ekspresi mereka saat dibebaskan untuk berkreasi sesuai minat mereka.

Baca juga : Menjawab pertanyaan anak sesuai Alkitab 

Pada pelaksanaannya, ada anak-anak yang tidak mau menjiplak tangannya. Mereka malah asik menggambar sesuai dengan imajinasi mereka. Ada anak yang asik muter-muter atau malah liat keluar jendela. Namun saat pembagian snack dan aku meminta mereka untuk menyerahkan Craft hari ini untuk ditukar dengan snack, mereka kelabakan, ahahahah.

Sekarang, kamu bisa menerima update setiap minggu tentang cerita untuk anak sekolah minggu.

Yuk gabung disini

 

 

 

Related Post

Menjawab Pertanyaan Sulit Anak-Anak di dalam Alkit... Tulisan kali ini, Menjawab Pertanyaan Sulit anak-anak di dalam Alkitab, saya persiapkan untuk disampaikan pada Anak-anak Mighty di GBC Jakarta, pada h...
Identitas anak-anak Tuhan didalam Yesus Kristus Tulisan ini disiapkan untuk diberikan pada anak-anak sekolah minggu GBC Jakarta. Betapa indahnya jika semenjak kecil, anak-anak kita sudah mengerti id...
Sekolah Minggu | FirmanMu Pelita Bagi Kakiku, Tera... Setelah kemarin merayakan imlek, and get inspired by the lampion. Aku memutuskan untuk membacakan Mazmur 119:105 untuk Sekolah Minggu. FirmanMu pelita...
Sekolah Minggu | Raja Yang Bijaksana Cerita ini aku siapkan untuk dibacakan pada anak-anak Sunday School GBC, Jakarta. Raja yang Bijaksana Dahulu kala hiduplah seorang raja yang ter...
Menjadi Guru Sekolah Minggu Awalnya sekolah minggu didirikan untuk mendidik anak-anak kurang mampu yang tidak bisa mendapatkan pendidikan secara layak. Pada abad ke 19, anak-anak...

2 thoughts on “Sekolah Minggu: Tuhan Sayang Kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.