Self Image

Kenali dirimu : Siapa aku

Mengetahui ‘Siapa aku’ mempengaruhi bagaimana aku menjalani hidup ini.

Kalo aku dengar para motivator itu ngomong, mereka meng-encourage kita agar kita bisa menemukan siapa diri kita yang sebenarnya.

‘find out, who you are’ they said.

 

Siapa aku

Aku sadar tidak mudah untuk menyadari identitas kita yang sebenarnya. Sering kali kita bertindak sesuai dengan identitas yang diberikan oleh orang-orang kepada kita. Seperti Punchinello dalam cerita yang ditulis oleh Max Lucado.

Aku baru ngerti kenapa banyak sekali permasalahan terjadi karena krisis identitas ini. Karena Identitas kamu  menunjukan bagaimana kamu bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

The old me

Saat aku kecil orang tuaku bercerai. Bapak meninggalkan kami yang mengharuskan ibu bekerja dan meninggalkan aku dan adiku dalam pengasuhan nenek, agar dia dapat mensuport kebutuhan kami.

Tumbuh tanpa kasih sayang bapak dan jauh dari ibu membuat aku hidup menjadi anak perempuan yang terlihat tegar diluar namun rapuh didalam.

Kira-kira begini yang dulu aku pikir tentang siapa aku: ‘Gw ga layak untuk disayang, bahkan bokap aja ninggalin gw. Gw miskin, nyokap aja sampe harus ninggalin gw untuk nyari duit. Apa yang bisa gw lakukan dalam keterbatasan gw?’

Banyak orang bilang aku ga boleh negatif, harus positif dalam menjalani hidup, tapi aku ga ngerti apa yang bisa membuat aku berpikir positif.

Bagaimana aku bisa mempunyai pengharapan yang tidak mengecewakan ku? Karena aku sudah kehilangan sosok yang seharusnya menyayangi dan menemani aku, yaitu orang tuaku. Aku berkeliaran tanpa tujuan hidup, tanpa ada yang meyakinkan bahwa aku layak dicintai.

Aku akan menerima siapa saja yang menawarkan cinta, bahkan jika itu adalah cinta yang salah. Aku hidup dalam self pity, tidak percaya diri, karena bergantung pada sumber yang terbatas pada diriku sendiri. Aku selalu berpikir negatif karena tidak bisa menemukan apa yang positif dalam hidupku.

The new me

Allah yang tinggal di Rumah-Nya yang suci adalah Bapak anak yatim dan pembela para janda (Mzm 68:5 BIS)

Saat cinta Yesus menemukan ku. Dia membuka mataku tentang siapa aku yang sebenarnya. Alkitab sebagai penuntun memberikan ku informasi, apa saja warisan yang aku dapatkan dari  kematian-Nya di kayu salib.

Seperti cerita tentang perempuan Samaria yang di temui oleh Yesus, padahal saat itu dia sedang menjalani kehidupan yang (menurut manusia) sama sekali tidak layak untuk di kunjungi oleh Tuhan apalagi di sampai diajak bicara.

Namun… Dengan penuh cinta Yesus datang dan menyelamatkan dia, memberikan Air Hidup yang membuat wanita itu tidak lagi mencari cinta ditempat yang salah (Yoh 4:7-30).

Seperti itulah aku, kotor, penuh dosa, tidak layak, hancur, bahkan orang-orang disekitar ku pun bilang aku adalah sampah.

Namun Dia yang mencintai ku, datang mencari aku, membersihkan hidupku dengan darah-Nya, menyembuhkan luka ku, menyatukan kembali apa yang hancur dalam hidupku.

Dan sampah ini diberikan hak jadi anak Allah (Yoh 1:12). dijadikanNya Berharga (Yes 43:4) menjadi Biji MataNya (Zak 2:8),

Cinta Yesus yang melepaskan keter-ikatan dengan narkoba, menyelamatkan dari pergaulan yang salah, membuat hubungan keluarga dipulihkan, memperbaharui cara berpikir ku, membuat pekerjaanku diberkati, kesehatan ku sempurna.

Hal-hal positif terjadi dalam hidupku, saat aku sadar Allah ada di pihak ku.

Sudah menemukan siapa kamu?
Silahkan komen biar kita bisa share.

Related Post

7 Langkah untuk Sukses Menggapai Impian Setiap orang mempunyai mimpi. Namun orang yang sukses menggapai impian, tidak banyak jumlahnya. Mimpi dan impian adalah dua hal yang sangat berbeda...
Pesan dari anak yang suka memberontak Mungkin karena gambar yang dishare di facebook oleh salah seorang keponakanku. Pikiranku melayang pada masa kecilku, dimana aku dibesarkan oleh Nenek ...
Identitas anak-anak Tuhan didalam Yesus Kristus Tulisan ini disiapkan untuk diberikan pada anak-anak sekolah minggu GBC Jakarta. Betapa indahnya jika semenjak kecil, anak-anak kita sudah mengerti id...
Cara untuk mencapai kehidupan yang memuaskan   Apakah kamu salah satu dari manusia yang pernah berpikir, adakah kehidupan yang benar-benar memuaskan? Kamu sering berandai-andai, kalau saj...
Saat kehidupanmu kehilangan fokus Menurut KBBI kata fokus bisa dijelaskan sebagai pusat. Memfokuskan berarti memusatkan perhatian, pembicaraan, pandangan, dsb pada ...  Apakah kehidupa...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.